Ternyata MetroTV Pecat Hilman, Wartawan Yang Sopiri Setya Novanto

Ternyata MetroTV Pecat Hilman, Wartawan Yang Sopiri Setya Novanto
Setya Novanto Hilman Mattauch (Tribun Jabar)

Moslemcommunity.net - Dilansir dari tempo.co, Metro TV memecat kontributornya, Hilman Mattauch, yang menjadi sopir dari Ketua Dewan Perwakilan Rakyat dan tersangka korupsi E-KTP Setya Novanto dalam kecelakaan menabrak tiang listrik pada Kamis, 16 November 2017.

Keputusan diambil oleh Metro TV melalui sidang terhadap Hilman Mattauch pada Sabtu kemarin, 18 November 2017. "Kalau bahasa halusnya kami minta dia selesaikan urusan hukumnya kemudian mengundurkan diri sejak kemarin itu," kata Pemimpin Redaksi Metro TV Don Bosco Selamun ketika dihubungi Tempo, Ahad, 19 November 2017.

Hilman Mattauch menjadi sorotan akhir-akhir ini akibat menjadi sopir Setya Novanto yang menjadi buron Komisi Pemberantasan Korupsi. Ia diketahui sebagai pengendara mobil Toyota Fortuner berpelat B1732 ZLO yang dinaiki Setya dan kemudian menabrak tiang listrik di kawasan Permata Hijau, Jakarta Selatan, Kamis lalu, 16 November 2017. Polisi pun menjadikan Hilman Mattauch sebagai tersangka kasus kecelakaan tunggal itu karena dinilai lalai.

Ketua DPR sekaligus Ketua Umum Partai Golkar Setya Novanto, yang juga tersangka kasus korupsi proyek e-KTP, mengalami cedera di kepala yang membuatnya dirawat di Rumah Sakit Medika Permata Hijau dan kemudian Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo.

Don Bosco melanjutkan, Hilman Mattauch diberhentikan bukan hanya karena berperkara hukum tetapi juga karena melakukan pelanggaran lain. Hilman Mattauch dianggap menyalahi prosedur perusahaan dengan menjemput dan menyopiri Setya Novanto menggunakan mobil pribadinya, Toyota Fortuner tahun 2012 tersebut.

"Prosedurnya di Metro TV itu tamu dijemput oleh mobil resmi perusahaan, bukan mobil pribadi. Teman-teman yang menyidangkan kemarin menganggap itu tidak proper," kata Bosco.

Don Bosco juga melihat ada gelagat conflict of interest pada masalah Hilman Mattauch menjadi sopir Setya Novanto.

Sebelumnya, Hilman Mattauch pernah diberhentikan sebagai kontributor Metro TV pada 16 Juni 2016 lalu. Hilman dianggap menyalahi kode etik dengan menghalangi kerja wartawan Metro TV dan lainnya dalam peliputan di Komisi Pemberantasan Korupsi. Dia pun kedapatan "mengamankan" pihak yang sedang diperiksa KPK. Namun, dia kembali dikontrak sebagai kontributor Metro TV untuk wilayah Jakarta Barat pada pertengahan November 2016. Tempo belum mendapat jawaban resmi dari Metro TV tentang alasan menerima kembali Hilman Mattauch setelah lima bulan diberhentikan.

Republikin.com